Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN Karangsemanding 01 Balung Jember Tahun Ajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar membaca permulaan menggunakan media kartu kata. Penelitian
ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan oleh 2 siklus kegiatan perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini bahwa semua siswa di kelas 1 SDN Karangsemanding 01 Balung Jember tahun
ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar membaca permulaan menggunakan media kartu kata telah meningkat dari siklus I ke siklus II. Pengamatan hasil
belajar menunjukkan pada siklus I 64,0%, meningkat pada siklus II dari 75,9%, sehingga kenaikan 11,9%..
Collections
- SRA-Education [1352]