Show simple item record

dc.contributor.authorMINARNI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:03:25Z
dc.date.available2013-12-09T02:03:25Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6377
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SD Negeri Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Baratan 01 Jember 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meliputi: pembagian kelompok, presentasi kelas, perkembangan skor individu, kuis dan reward/ penghargaan. Dalam pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlihat adanya suatu peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap prasiklus sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 45%. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal yaitu sebesar 65% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 80%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 70% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif pada siswa kelas VI SD Negeri Baratan 01 Jember dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan bekerjasama antar sesama anggota kelompok, dan Persentase hasil belajar siswa secara individu maupun klasikal dalam mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204044;
dc.subjectSTAD, Ide Pokok Paragraf, Membaca Intensifen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS IV SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record