dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter kreatif dengan pendekatan saintifik sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk, dimana proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi sebelum akhirnya digunakan dalam pembelajaran. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar observasi pengembangan karakter kreatif siswa, lembar pengamatan penilaian keterampilan, LKS, dan lembar penilaian diri. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, dan LKS berturut-turut sebesar 4,47; 4,59; 4,53 dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. Nilai aktivitas guru mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut sebesar 2,61; 2,79 dalam kategori baik dan persentase aktivitas siswa 80,21%; 83,33% % dalam kategori kreatif. Pada aspek sikap diperoleh persentase karakter kreatif siswa pada analisis observasi dan penilaian diri sebesar 79,81%. Pada aspek pengetahuan, rata-rata nilai minimum yang diperoleh siswa pada LKS sifat-sifat dan LKS keliling dan luas persegi panjang dan persegi adalah 73 (KKM yang ditetapkan sekolah adalah 72), artinya semua siswa dapat dikatakan lulus KKM yang ditentukan oleh sekolah. Pada aspek keterampilan, persentase yang diperoleh dari hasil observasi sebesar 76,28% dengan kategori terampil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakater kreatif dengan pendekatan saintifik sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. | en_US |