• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS

    Thumbnail
    View/Open
    PRIYANTI.pdf (422.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Priyanti
    Mohamad Na'im
    Bambang Soepeno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah menuntut peserta didik berpikir kritis dan mampu mengkaji setiap perubahan di lingkungannya dan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah, oleh karena itu pembelajaran sejarah membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis peristiwa sejarah. Pembelajaran discovery merupakan metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk menemukan sendiri permasalahan, pemecahan masalahnya dan akhirnya nanti akan mampu menemukan konsep yang lebih bermakna. Authentic assessment adalah alat ukur dalam penilaian dikelas. Tujuan dar penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Februari hingga bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PMT 2 SMK Negeri 5 Jember dengan jumlah 36 peserta didik. Indikator yang diteliti adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah. Kemampuan berpikir kritis siklus 1 memperoleh 63,20%, sedangkan pada siklus 2 memperoleh 69,98% dan pada siklus 3 memperoleh 77,93%. Hasil belajar sejarah aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh 68,97%, siklus 2 memperoleh 74,06%, dan pada siklus 3 memperoleh 79,0%. Aspek psikomotor dalam penilaian kinerja siklus 1 memperoleh 66,60%, siklus 2 memperoleh 72,90%, dan siklus 3 memperoleh 79,63%. Hasil belajar dalam penilaian produk pada siklus 1 memperoleh 63,60%, siklus 2 memperoleh 70,80%, dan siklus 3 memperoleh 79,03%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus 1 memperoleh 70,28%, siklus 2 memperoleh 78,33%, dan pada siklus 3 memperoleh 85,56%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X PMT 2 SMK Negeri 5 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63730
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository