dc.description.abstract | Pembelajaran matematika berstandar NCTM bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keahlian siswa yang didasarkan pada
pengembangan pemecahan masalatr, pernahaman dan bukti, dan metode betajar
mahasiswa aktif yang berkeadilan. Pemahaman yang benar akan membawa
matrasiswa untuk dapat mengkaitkan matematika dengan berbagai bidang ilr;ru"
Menurut NCTM pembelajaran matematika perlu memiliki 4 komponen yaitu
tugas-tugas, wacana" lingkungan dan analisis. Pengembengan disain pembetaiaran
matematika dasar dan koneksinya berstandar NCTM berbantuan TIK yang
diterapkan di Fakultas Farmasi Universitas Jember diharapkan i"put
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap
-matemratika
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa Farmasi pada matakuliah Matematika Dasar.
Metode yang dikernbangkan dalam penelitian ini yaitu Four-D lrdodel
yang meliputt define, design, develop dan desseminate- Perangkat pembelajaraa
yang dikembangkan yang meliputi silabus, Rp dan skenarionya, Iembar tirgas,
buku rujukan, dan alat evaluasi dinilai oleh validator atas kesesuaiannya terhai*p
standar NCTM. Selanjutrya draft peraagkat pembetajaran diimplementasikan
dengau cara di uji cobakan di dalam kelas. Penilaian kesesuaian draft prangkat
pembelajaran selanjutnya dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan ineiUt"rindikator
penilaian yang telah ditentukaa Berdasarkan hasil penilaian indikatos',
hasil kerja penyelesaian tugas secara sendiri dan berkelompok serta hasil tes
individual, akan diputuskan kesesuaian perangkat pemklajaran dengan standar
NCTM.
Berdasarkan metode penelitian dan penilaian validator yang dilatrukarl
dapat dihasilkan 1) Perangkat pembelajaran matematika dasar yang rneliputi
silabus, RP dan skenariony4 kontrak perkuliahan, buku tugas, buku;juk*re *xr
alat evaluasi telah memenuhi standart pembelajaran NCTM berbantuan T{K *tacl
layak untuk digunakan pada ujicoba I pembelajaran di kelas. 2) Keefel-tifb*
pengrapan disain perangkat pembelajaran melalui penciptaan tugas, wacana,
lingkungan, dan analisis, sesuai dengan Rp dan skenario yang dikembangkan
sampai kompetensi dasar 3 padauji coba l, secara umum terpenuhi
Hasil tes mahasiswa menunjukkan sebaran nilai yang tinggr. Mahasiswa
mengelompok kedalam kelompok mahasiswa pardai dan t"rang raarTlpu.
Sehingg4 pemberian layanan yang lebih terutarna dalam menyediakan-peranpke.i.
pembelajaran yang sesuai perlu dilakukan agar pembelajaran lebih efektif dasr
efisien- Dengan demikian, perbaikan perangkat pembelajaran dan impleme*"tasinya
pada ujicoba kedua diharapkan mampu meningkatkan pemahaman da:r hasil
akhir pembelajaran. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu peramgkat
pembelajaran mafematika dasar dan koneksinya berstandar NCTM birba*timl TII! artikel ilmiah, dan metode pembelqiaran yang didasarkan pada aktivitas
mahasiswa. | en_US |