Show simple item record

dc.contributor.authorSuharto
dc.contributor.authorSri Haryatmi Kartiko
dc.contributor.authorArika
dc.date.accessioned2013-12-09T01:52:34Z
dc.date.available2013-12-09T01:52:34Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6370
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractPembelajaran matematika berstandar NCTM bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian siswa yang didasarkan pada pengembangan pemecahan masalatr, pernahaman dan bukti, dan metode betajar mahasiswa aktif yang berkeadilan. Pemahaman yang benar akan membawa matrasiswa untuk dapat mengkaitkan matematika dengan berbagai bidang ilr;ru" Menurut NCTM pembelajaran matematika perlu memiliki 4 komponen yaitu tugas-tugas, wacana" lingkungan dan analisis. Pengembengan disain pembetaiaran matematika dasar dan koneksinya berstandar NCTM berbantuan TIK yang diterapkan di Fakultas Farmasi Universitas Jember diharapkan i"put meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap -matemratika Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa Farmasi pada matakuliah Matematika Dasar. Metode yang dikernbangkan dalam penelitian ini yaitu Four-D lrdodel yang meliputt define, design, develop dan desseminate- Perangkat pembelajaraa yang dikembangkan yang meliputi silabus, Rp dan skenarionya, Iembar tirgas, buku rujukan, dan alat evaluasi dinilai oleh validator atas kesesuaiannya terhai*p standar NCTM. Selanjutrya draft peraagkat pembetajaran diimplementasikan dengau cara di uji cobakan di dalam kelas. Penilaian kesesuaian draft prangkat pembelajaran selanjutnya dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan ineiUt"rindikator penilaian yang telah ditentukaa Berdasarkan hasil penilaian indikatos', hasil kerja penyelesaian tugas secara sendiri dan berkelompok serta hasil tes individual, akan diputuskan kesesuaian perangkat pemklajaran dengan standar NCTM. Berdasarkan metode penelitian dan penilaian validator yang dilatrukarl dapat dihasilkan 1) Perangkat pembelajaran matematika dasar yang rneliputi silabus, RP dan skenariony4 kontrak perkuliahan, buku tugas, buku;juk*re *xr alat evaluasi telah memenuhi standart pembelajaran NCTM berbantuan T{K *tacl layak untuk digunakan pada ujicoba I pembelajaran di kelas. 2) Keefel-tifb* pengrapan disain perangkat pembelajaran melalui penciptaan tugas, wacana, lingkungan, dan analisis, sesuai dengan Rp dan skenario yang dikembangkan sampai kompetensi dasar 3 padauji coba l, secara umum terpenuhi Hasil tes mahasiswa menunjukkan sebaran nilai yang tinggr. Mahasiswa mengelompok kedalam kelompok mahasiswa pardai dan t"rang raarTlpu. Sehingg4 pemberian layanan yang lebih terutarna dalam menyediakan-peranpke.i. pembelajaran yang sesuai perlu dilakukan agar pembelajaran lebih efektif dasr efisien- Dengan demikian, perbaikan perangkat pembelajaran dan impleme*"tasinya pada ujicoba kedua diharapkan mampu meningkatkan pemahaman da:r hasil akhir pembelajaran. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu peramgkat pembelajaran mafematika dasar dan koneksinya berstandar NCTM birba*timl TII! artikel ilmiah, dan metode pembelqiaran yang didasarkan pada aktivitas mahasiswa.en_US
dc.description.sponsorshipPEKERTI_2009en_US
dc.publisherFMIPA '09en_US
dc.subjectMatematika Dasaren_US
dc.subjectBerstandart NCTMen_US
dc.subjectBerbantuan TIKen_US
dc.titleDisain Pembelajaran Matematika Dasar dan Koneksinya Berstandart NCTM Berbantuan TIK di Fakulas Farmasi Universitas Jemberen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record