dc.description.abstract | Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa melalui bimbingan, pengajaran, dan / atau pelatihan untuk perannya di masa depan (UURI 2 tahun 1989, Bab I, Pasal 1 di Hamalik, 2003: 2). Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya untuk meningkatkan aspek belajar dan mengajar atau belajar. Belajar adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh karena itu, diharapkan kualitas yang baik dalam buku teks yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut Bell (1981: 381-385), ada empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku teks matematika, yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang berkaitan dengan metode pengiriman, (c ) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berkaitan dengan instruksi untuk guru. Berdasarkan analisis berpendapat bahwa Bell matematika buku teks tahun 2013 kurikulum dapat dilakukan dengan menggunakan empat kriteria Bell. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang terkait dengan materi matematika dengan 81% (sangat baik), kesesuaian buku teks yang terkait dengan metode penyampaian sebesar 57% (atau kurang), kesesuaian buku teks yang terkait dengan karakteristik fisik buku ini 95% (sangat baik), dan sesuai dengan petunjuk yang terkait dengan guru sebesar 31% (cukup). | en_US |