• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Buku Matematika SMA/MA Kelas X Semester 2 (Kurikulum 2013) Berdasarkan Kriteria Bell

    Thumbnail
    View/Open
    NAFI' ATUR ROSYIDAH.pdf (263.9Kb)
    Date
    2015
    Author
    Nafi'atur Rosyidah
    Dinawati Trapsilasiwi
    Arika Indah Kristiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa melalui bimbingan, pengajaran, dan / atau pelatihan untuk perannya di masa depan (UURI 2 tahun 1989, Bab I, Pasal 1 di Hamalik, 2003: 2). Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya untuk meningkatkan aspek belajar dan mengajar atau belajar. Belajar adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh karena itu, diharapkan kualitas yang baik dalam buku teks yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut Bell (1981: 381-385), ada empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku teks matematika, yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang berkaitan dengan metode pengiriman, (c ) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berkaitan dengan instruksi untuk guru. Berdasarkan analisis berpendapat bahwa Bell matematika buku teks tahun 2013 kurikulum dapat dilakukan dengan menggunakan empat kriteria Bell. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang terkait dengan materi matematika dengan 81% (sangat baik), kesesuaian buku teks yang terkait dengan metode penyampaian sebesar 57% (atau kurang), kesesuaian buku teks yang terkait dengan karakteristik fisik buku ini 95% (sangat baik), dan sesuai dengan petunjuk yang terkait dengan guru sebesar 31% (cukup).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63667
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository