Show simple item record

dc.contributor.authorMaya Mei Rositasari
dc.contributor.authorSunardi
dc.contributor.authorSusanto
dc.date.accessioned2015-09-29T00:52:00Z
dc.date.available2015-09-29T00:52:00Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63644
dc.description.abstractDalam pelaksanaan Kurikulum 2013 diperlukan perangkat pembelajaran yang kontekstual dan mencerminkan kegiatan siswa untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademiknya agar dapat memecahkan masalah-masalah dunia nyata. Dengan demikian, guru berkewajiban mewujudkan langkah-langkah pembelajaran inovatif dan kreatif sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna serta transfer knowledge dan transfer of value mudah tersampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi Pendekatan CTL dengan implementasi teori belajar Gagne agar sesuai dengan konteks siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tujuan penelitian ini untuk menelaah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Pendekatan CTL dengan implementasi teori belajar Gagne pokok bahasan Kecepatan, Jarak, dan Waktu untuk siswa kelas V SD. Hasil pengembangan berupa RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkecepatanen_US
dc.subjectpendekatan CTLen_US
dc.subjectpenelitian pengembanganen_US
dc.subjectperangkat pembelajaranen_US
dc.subjectteori belajar Gagneen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Implementasien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record