Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Implementasi
Abstract
Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 diperlukan perangkat pembelajaran yang kontekstual dan mencerminkan kegiatan siswa untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademiknya agar dapat memecahkan masalah-masalah dunia nyata. Dengan demikian, guru berkewajiban mewujudkan langkah-langkah pembelajaran inovatif dan kreatif sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna serta transfer knowledge dan transfer of value mudah tersampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi Pendekatan CTL dengan implementasi teori belajar Gagne agar sesuai dengan konteks siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tujuan penelitian ini untuk menelaah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Pendekatan CTL dengan implementasi teori belajar Gagne pokok bahasan Kecepatan, Jarak, dan Waktu untuk siswa kelas V SD. Hasil pengembangan berupa RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang valid, praktis, dan efektif.
Collections
- SRA-Education [1352]