Show simple item record

dc.contributor.authorPuguh Hiskiawan
dc.contributor.authorAgus Suprianto
dc.contributor.authorSoetoyo Soephiady
dc.date.accessioned2013-12-09T01:47:09Z
dc.date.available2013-12-09T01:47:09Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6362
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractPada penelitian tahun kedua ini dilakukan penyelidikan menggunakan metode Georadar ::n Geoteknik untuk mendapatkan parameter sifat a* tt ot tor perlapisan untuk melengkapi data ::sil pencitraan geolistrik, guna mendeteksi sumber dan penyebab pelemahan daya dukung :3:o\vongan yang berakiba-t feretakan dan bahkan bencana di dalam terowongan kereta api di ).Larvan Kecamatan Silo, Jember. Dengan metode ini diharapkan penyebab dan- penanggulangan .:emungkinan bencana di dalam terowongan dapat dilakukatt. B.'ca"a pelemahan daya dukung :.ro\\,ongan dapat disebabkan beberapa h"al antara lain adanya jalur lemah (sesar), rembesan air' rrtlS€S pitrput u" di sekitar terowongan dan sebagainya. Pendeteksian sumber dan penyebab keretakan terowongan dapat dilakukan melalui s:rangkaian penelitian menggunakan metode Geofisika Terpadu yaitu Geolishik' Georadar Cpnj dan Geoteknit. pemilitian metode ini berkaitan dengan parameter-parameter fisis tertentu .. ang berkaitan dengan adanya zona lemah Tahap pertama menggunakan metode kelistrikan dari .:as permukaan terowongan unhrk mendapatkan kontras resisiivitas rendah zona terobosan air ::da bidang lemah strukt*r terowof#, Tahap tigo? penelitian dilakukan pengukuran ::nggunakan GPR untuk mendapatkai tl"nsien reflektivitas lapisan yang berkaitan dengan .:-Citur perlapisan terowongan. Data ini kemudian dilengkapi dengan data jenis tanah' ::rmeabilitar, pororiO.-dao loensien infiltrasi yang diperoleh dari pengukuran menggunakan -etode Geoteknik. Darihasilpenelitianyangtelahdilakukanpadaprogressleporttahurrpertama(20.08) ::rungkap bahwa ada fal(or et<sternat yang berpeng*oh.f+idap adanya rembesan air di dalam ,.rorr"orrg*. Dari t asit pencitraan geofitit u yrng telah dilakukan, ditemukan adanya zotra-zo,.a :romali resistivitas rendah yang diJ"ta " beikaitan dan berkorelasi dengan konsentasixcnsenffasi air di sekitff terowongan. t; data geologi yang ada, terowongan Mrawan diduga :erada pada daerah formasi batuan yuog b.tU.a- V{P ftrmasi Kalibaru yang didominasi oleh raruan beku wlkanik dan formasi eatua"mpar yang didominasi batu pasir' Dengan menggunakan netode GPR dan Geoteknik, anomali-anomali resistivitas rendah yang berkaitan dengan adanya .,anrong-kantong air tersebui akan dapat dikarakterisasi lebih jauh' Pola reflektivitas dan cepat rambat gelombang georadar berkaitan J.ng* pola ^|3nisar dan jenis batuan/lapisan' jenis ranah,/batuan, porositas, permeabilitas, dan t o"etsie, infiltasi air juga akan dgnat diungkap lebih :auh menggunakan rneiode Geoteknik P;d, akhirnya, diharapkan penyebab konsenffasi air pada zona-zoflatertentu tersebut akan dapat diungkap lebih komprehensif. Secara ilmiah,luaran penelitian- inliung pertama iiharapkan akan mampu memberikan ;ambaran penyebab keretakan terowongan yung .tt4udl sekaligus memetakan zofta'zon:a i:mahnya sehingga resiko yang muncul aiibat Lallni bisa dikurangt dat sebagai pijakan untuk langliah-langkah yang akan diambil daiam upaya mitigasi serta sebagai alternatif untuk memecahkan permasalahan serupa y*g b..lruu*g", dengan terowongan di s-eluruh Indonesia' rang kedua hasil dari riset ini akan"ditrli, dalam publikasi ilmiah baik di jurnal nasional teraL:reditasi maupun seminar-seminar nasional. Secara kelembagaan, penelitian ini diharapkan alian mampu merintis dan menguatr.a":eiarrnt t.4*u*u institusi antara universitas Jember dan Universitas Moch. Sro.A3i f.rriU., t.U'ugri tFp, dun Institut Teknologi Bandung seb-agai TPM serta instansi terkait Vultu p.*.rlotuf, "i*Uupaten Jember dan DAOP 9 PT KAI Persero di Jember.en_US
dc.description.sponsorshipPEKERTI_2009en_US
dc.publisherFMIPA '09en_US
dc.subjectMetode Geofisika Terpaduen_US
dc.subjectGround Penetrating Radar (GPR)en_US
dc.subjectGeolistrik dan Geotekniken_US
dc.subjectTerowongan Kereta Apien_US
dc.subjectTerowongan Mrawanen_US
dc.titlePenerapan Metode Geofisika Terpadu (Ground Penetrating Radar (GPR), Geolistrik dan Geoteknik) Untuk Monitoring Pelemahan Daya Dukung Struktur Terowongan Kereta Api. Studi Kasus: Terowongan Mrawan, Jember-Jatimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record