• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Geofisika Terpadu (Ground Penetrating Radar (GPR), Geolistrik dan Geoteknik) Untuk Monitoring Pelemahan Daya Dukung Struktur Terowongan Kereta Api. Studi Kasus: Terowongan Mrawan, Jember-Jatim

    Thumbnail
    View/Open
    Puguh Hiskiawan.pdf (2.215Mb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Puguh Hiskiawan
    Agus Suprianto
    Soetoyo Soephiady
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian tahun kedua ini dilakukan penyelidikan menggunakan metode Georadar ::n Geoteknik untuk mendapatkan parameter sifat a* tt ot tor perlapisan untuk melengkapi data ::sil pencitraan geolistrik, guna mendeteksi sumber dan penyebab pelemahan daya dukung :3:o\vongan yang berakiba-t feretakan dan bahkan bencana di dalam terowongan kereta api di ).Larvan Kecamatan Silo, Jember. Dengan metode ini diharapkan penyebab dan- penanggulangan .:emungkinan bencana di dalam terowongan dapat dilakukatt. B.'ca"a pelemahan daya dukung :.ro\\,ongan dapat disebabkan beberapa h"al antara lain adanya jalur lemah (sesar), rembesan air' rrtlS€S pitrput u" di sekitar terowongan dan sebagainya. Pendeteksian sumber dan penyebab keretakan terowongan dapat dilakukan melalui s:rangkaian penelitian menggunakan metode Geofisika Terpadu yaitu Geolishik' Georadar Cpnj dan Geoteknit. pemilitian metode ini berkaitan dengan parameter-parameter fisis tertentu .. ang berkaitan dengan adanya zona lemah Tahap pertama menggunakan metode kelistrikan dari .:as permukaan terowongan unhrk mendapatkan kontras resisiivitas rendah zona terobosan air ::da bidang lemah strukt*r terowof#, Tahap tigo? penelitian dilakukan pengukuran ::nggunakan GPR untuk mendapatkai tl"nsien reflektivitas lapisan yang berkaitan dengan .:-Citur perlapisan terowongan. Data ini kemudian dilengkapi dengan data jenis tanah' ::rmeabilitar, pororiO.-dao loensien infiltrasi yang diperoleh dari pengukuran menggunakan -etode Geoteknik. Darihasilpenelitianyangtelahdilakukanpadaprogressleporttahurrpertama(20.08) ::rungkap bahwa ada fal(or et<sternat yang berpeng*oh.f+idap adanya rembesan air di dalam ,.rorr"orrg*. Dari t asit pencitraan geofitit u yrng telah dilakukan, ditemukan adanya zotra-zo,.a :romali resistivitas rendah yang diJ"ta " beikaitan dan berkorelasi dengan konsentasixcnsenffasi air di sekitff terowongan. t; data geologi yang ada, terowongan Mrawan diduga :erada pada daerah formasi batuan yuog b.tU.a- V{P ftrmasi Kalibaru yang didominasi oleh raruan beku wlkanik dan formasi eatua"mpar yang didominasi batu pasir' Dengan menggunakan netode GPR dan Geoteknik, anomali-anomali resistivitas rendah yang berkaitan dengan adanya .,anrong-kantong air tersebui akan dapat dikarakterisasi lebih jauh' Pola reflektivitas dan cepat rambat gelombang georadar berkaitan J.ng* pola ^|3nisar dan jenis batuan/lapisan' jenis ranah,/batuan, porositas, permeabilitas, dan t o"etsie, infiltasi air juga akan dgnat diungkap lebih :auh menggunakan rneiode Geoteknik P;d, akhirnya, diharapkan penyebab konsenffasi air pada zona-zoflatertentu tersebut akan dapat diungkap lebih komprehensif. Secara ilmiah,luaran penelitian- inliung pertama iiharapkan akan mampu memberikan ;ambaran penyebab keretakan terowongan yung .tt4udl sekaligus memetakan zofta'zon:a i:mahnya sehingga resiko yang muncul aiibat Lallni bisa dikurangt dat sebagai pijakan untuk langliah-langkah yang akan diambil daiam upaya mitigasi serta sebagai alternatif untuk memecahkan permasalahan serupa y*g b..lruu*g", dengan terowongan di s-eluruh Indonesia' rang kedua hasil dari riset ini akan"ditrli, dalam publikasi ilmiah baik di jurnal nasional teraL:reditasi maupun seminar-seminar nasional. Secara kelembagaan, penelitian ini diharapkan alian mampu merintis dan menguatr.a":eiarrnt t.4*u*u institusi antara universitas Jember dan Universitas Moch. Sro.A3i f.rriU., t.U'ugri tFp, dun Institut Teknologi Bandung seb-agai TPM serta instansi terkait Vultu p.*.rlotuf, "i*Uupaten Jember dan DAOP 9 PT KAI Persero di Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6362
    Collections
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain [79]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository