dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode problem solving dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang bersemangat dalam megikuti pelajaran. Siswa cenderung bersikap pasif, enggan untuk bertanya apabila ada kesulitan dan hasil belajar siswa kelas IV masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 18 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode problem solving selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember. Pada siklus I persentase siswa yang sangat aktif sebesar 11% kemudian mengalami peningkatan sebesar 11% menjadi 22% pada siklus II. Siswa yang aktif pada tindakan siklus I sebesar 22% dan mengalami peningkatan sebesar 6% pada tindakan siklus II menjadi 28%. Siswa yang cukup aktif sebesar 28% pada siklus I tidak mengalami perubahan siklus II. Siswa yang yang kurang aktif pada siklus I sebesar 17% dan mengalami penurunan pada tindakan siklus II menjadi 11%. Siswa yang sangat kurang aktif pada siklus I sebesar 22 % dan mengalami penurunan pada tindakan siklus II menjadi 11%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I 61% dengan kategori baik dan pada siklus II menjadi 81 % dengan kategori baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode problem solving dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah social di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember. | en_US |