dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari bauran pemasaran terhadap
pembelian smartphoneSamsung pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember. Responden dalam
penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011, 2012, dan 2013 Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember,
sebanyak 51 mahasiswa dengan menggunakan metode proportional random sampling . Jenis Penelitian ini
merupakan dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area,
pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah
analisis inferensial yaitu dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran
pemasaran (produk, harga, promosi, dan distribusi) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
pengambilan keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian smartphone samsung di Pendidikan Ekonomi
FKIP Universitas Jember Angkatan 2011-2013. Hasil penelitian dengan analisis koefisien determinasi diperoleh
angka R
square
sebesar 0,821 menunjukkan bahwa pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan
pembelian smartphone Samsung sebesar 82,1%. Dalam penelitian ini juga diperoleh hasil persamaan garis regresi
sederhana yaitu = -6,570 + 1,307X1 + ei. Selain diperoleh nilai R
square
dan persamaan garis regresi sederhana juga
diperoleh nilai analisis varians garis regresi, dan uji F. Dimana masing-masing nilainya untuk analisis varians garis
regresi atau R sebesar 0,821 dan untuk uji F nilainya sebesar 224,54. Dari uji F diketahui besarnya F
hitung
= 224,54
> F
tabel
= 4,03 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan bauran pemasaran terhadap pengambilan keputuan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2011-2013 | en_US |