dc.description.abstract | Pada umumnya untuk keperluan keluar masuk rumah atau berpindah dari satu
ruangan ke ruangan lain, setiap rumah diperlukan pintu. Bagian-bagian dari pintu
dapat dibuat semenarik mungkin dengan cara melakukan modelisasi tanpa
mengurangi fungsinya. Salah satu bagian yang perlu dimodelisasi adalah handle
pintu. Dari beberapa model handle pintu yang sudah ada, kebanyakan hanya
terbangun dari bentuk tabung sehingga tampilannya belum bervariasi. Penulisan
skripsi ini bertujuan untuk memodelisasi handle pintu melalui penggabungan
beberapa benda geometri ruang agar dihasilkan desain handle pintu bervariasi dan
simetris.
Dalam penelitian desain handle pintu ini dibagi menjadi beberapa tahapan.
Tahapan pertama adalah studi penyajian sistem koordinat, studi penyajian segmen
garis, dan kajian tentang bangun geometri ruang seperti balok, tabung, bola,
elipsoida, dan hiperboloida. Tahapan kedua adalah membahas prosedur untuk
penyelesaian masalah desain alas kaki dan kaki tegak handle pintu, serta penyelesaian
masalah untuk desain batang pegangan handle pintu. Selanjutnya tahapan terakhir
dilakukan simulasi untuk mendesain handle pintu tersebut dengan bantuan software
Maple 13.
Hasil penelitian ini didapatkan 3 prosedur untuk mendesain handle pintu.
Pertama, prosedur mendesain alas kaki handle pintu terbangun dari balok, keratan
tabung, dan gabungan keduanya. Langkahnya sebagai berikut:
potong 2 buah segmen garis tersebut dan menambahkan bangun keratan tabung untuk
setiap sisi-sisi balok. Kedua, prosedur mendesain kaki tegak handle pintu tegak lurus
terhadap alas kaki handle pintu dan simetris. Tahapannya sebagai berikut: | en_US |