Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA (Siswa Kelas VII
View/ Open
Date
2015Author
Apriliana Saputri
Jekti Prihatin
Pujiastuti
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII B SMP Negeri 4 Jember. Penelitian ini
mengkolaborasikan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dengan permainan ular tangga. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata sebesar 51% (kriteria
kurang aktif), pada siklus 1 memiliki rata-rata 66,74% (kriteria cukup aktif) dan pada siklus 2 memiliki rata-rata sebesar
72,53% (kriteria cukup aktif). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan terjadi pada ketuntasan hasil
belajar siswa aspek kognitif secara klasikal, yaitu pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan belajar siswa secara
klasikal sebesar 25%, siklus 1 dengan persentase 38,88% dan siklus 2 memiliki persentase sebesar 83,33%. Peningkatan
persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 13,88% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar
44.45% dan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 58,33%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model
pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dengan permainan ular tangga dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]