Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Capaian Hasil Belajar IPA Biologi pada Bab Ekosistem (Siswa Kelas VII C Tahun Pelajaran 2013/2014 SMP Negeri 13 Jember)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan proses dan capaian hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Jember dengan penerapan model problem based learning melalui lesson study. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Jember. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain keterampilan proses dan capaian hasil belajar IPA Biologi siswa yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan model problem based learning (PBL). Hasil penelitian berdasarkan hasil post-test siswa pada pra siklus dan siklus-siklus pembelajaran berikutnya. Siswa dikatakan mengalami peningkatan keterampilan proses jika rata-rata terhadap keterampilan proses siswa berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan mengalami peningkatan dari pada siklus sebelumnya. Seorang siswa dikatakan tuntas apabila telah mencapai lebih dari sama dengan 75 dari nilai maksimal 100. suatu kelas dikatakan tuntas apabila terdapat minimal 75% telah mencapai ketuntasan individual lebih dari sama dengan 75. Siswa dikatakan mengalami peningkatan capaian hasil belajar jika terdapat perubahan skor yang meningkat dari pra siklus ke siklus berikutnya.
Collections
- SRA-Education [1352]