• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Capaian Hasil Belajar IPA Biologi pada Bab Ekosistem (Siswa Kelas VII C Tahun Pelajaran 2013/2014 SMP Negeri 13 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    ACHMAD SOFIYULLAH.pdf (662.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Achmad Sofiyullah
    Suratno
    Sulifah Aprilya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan proses dan capaian hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Jember dengan penerapan model problem based learning melalui lesson study. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Jember. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain keterampilan proses dan capaian hasil belajar IPA Biologi siswa yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan model problem based learning (PBL). Hasil penelitian berdasarkan hasil post-test siswa pada pra siklus dan siklus-siklus pembelajaran berikutnya. Siswa dikatakan mengalami peningkatan keterampilan proses jika rata-rata terhadap keterampilan proses siswa berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan mengalami peningkatan dari pada siklus sebelumnya. Seorang siswa dikatakan tuntas apabila telah mencapai lebih dari sama dengan 75 dari nilai maksimal 100. suatu kelas dikatakan tuntas apabila terdapat minimal 75% telah mencapai ketuntasan individual lebih dari sama dengan 75. Siswa dikatakan mengalami peningkatan capaian hasil belajar jika terdapat perubahan skor yang meningkat dari pra siklus ke siklus berikutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63473
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository