• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan

    Thumbnail
    View/Open
    MILLA MINHATUL MAULA.pdf (264.7Kb)
    Date
    2014
    Author
    MAULANA, Milla Minhatul
    PRIHATIN, Jekti
    FIKRI, Kamalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abad 21 menuntut manusia harus kreatif dalam mampu menciptakan solusi baru, menemukan prinsip baru dan penemuan baru, menciptakan cara baru untuk mengkomunikasikan gagasan baru, mampu kerjasama kelompok untuk memecahkan masalah yang rumit atau untuk menciptakan perangkat kompleks, menghasilkan jasa, dan produk-produk. Penerapan model PjBL pada penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dari penerapan model PjBL (Project-Based Learning) dengan model konvensional pada materi Pengelolaan Lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Balung Jember; (2) mengetahui pengaruh penerapan model PjBL (Project-Based Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Pengelolaan Lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Balung Jember; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar afektif siswa dari penerapan model PjBL (Project-Based Learning) dengan model konvensional pada materi Pengelolaan Lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Balung Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Hasil yang didapatkan dari pembelajaran tersebut adalah terjadi pengaruh yang signifikan (F=6,39, db=1, p=0,01) dalam penerapan model PjBL (Project-Based Learning) terhadap hasil belajar kognitif dengan metode analisis kovarian (ANAKOVA). Selain itu hasil penelitian ini juga terjadi perbedaan yang signifikan (F=6,89, db=39,06, p=0,00) terhadap kemampuan berpikir kreatif serta terjadi perbedaan yang signifikan (F=3,87, =39,33, p=0,00) terhadap hasil belajar afektif menggunakan uji t (independent sample t test). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PjBL berpengaruh terhadap kemampan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Balung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63447
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository