dc.description.abstract | Pembelajaran PKn di kelas VB SDN Mangli 01 Jember masih belum memiliki inovasi pembelajaran dan kurangnya
penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Hal ini menyebabkan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal dan
data nilai hasil belajar harian siswa yang kurang memuaskan . Berdasarkan masalah tersebut, mendorong peneliti untuk
melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual sebagai salah
satu alternatif pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan aktif dan melatih siswa untuk mengembangkan
pemikirannya dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB menggunakan Strategi Think Talk Write dengan Media Audio
Visual pada pembelajaran PKn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi di SDN Mangli 01 Jember . Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SDN Mangli 01 dengan jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan 22 siswi
perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik pada skor aktivitas siswa dan rata-rata skor hasil belajar siswa.
Secara klasikal, skor pencapaian aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 45,23 (cukup aktif), meningkat pada siklus
I yaitu 65,13(aktif), mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 86,51(sangat aktif). Hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus hanya 68,89
(cukup baik), mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75,37 (baik), dan mengalami peningkatan kembali pada siklus
II sebesar 81,79(sangat baik). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas menerapkan strategi Think-Talk-Write dengan
media audio visual adalah peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |