• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual untuk

    Thumbnail
    View/Open
    KARUNIA PUSPITA DAMAYANTI.pdf (271.1Kb)
    Date
    2014
    Author
    Damayanti, karunia puspits
    Muchtar, imam
    Mardiati, yayuk
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran PKn di kelas VB SDN Mangli 01 Jember masih belum memiliki inovasi pembelajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Hal ini menyebabkan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal dan data nilai hasil belajar harian siswa yang kurang memuaskan . Berdasarkan masalah tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan aktif dan melatih siswa untuk mengembangkan pemikirannya dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB menggunakan Strategi Think Talk Write dengan Media Audio Visual pada pembelajaran PKn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi di SDN Mangli 01 Jember . Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SDN Mangli 01 dengan jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan 22 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik pada skor aktivitas siswa dan rata-rata skor hasil belajar siswa. Secara klasikal, skor pencapaian aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 45,23 (cukup aktif), meningkat pada siklus I yaitu 65,13(aktif), mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 86,51(sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus hanya 68,89 (cukup baik), mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75,37 (baik), dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 81,79(sangat baik). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas menerapkan strategi Think-Talk-Write dengan media audio visual adalah peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63374
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository