• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya melalui Strategi Pembelajaran Penemuan (Discovery) Siswa Kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember

    Thumbnail
    View/Open
    IRFANI NUR AZIZAH.pdf (284.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    Irfani Nur Azizah, Azizah
    Nuriman
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember masih didominasi oleh guru. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan strategi pembelajaran adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) dipilih untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember pada pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) adalah strategi yang melibatkan siswa untuk menemukan, menyelidiki, dan memecahkan sendiri masalah yang dipelajari. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) ini diterapkan melalui beberapa langkah: simulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 70,97% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,40% dengan kategori tinggi. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dengan kategori cukup baik sebesar 61,09 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,35 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran penemuan (discovery) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya kelas VA di SDN Karangharjo 02 Silo Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63359
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository