Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya melalui Strategi Pembelajaran Penemuan (Discovery) Siswa Kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember
View/ Open
Date
2014Author
Irfani Nur Azizah, Azizah
Nuriman
Agustiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran IPA di kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember masih didominasi oleh guru. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan strategi pembelajaran adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) dipilih untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember pada pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) adalah strategi yang melibatkan siswa untuk menemukan, menyelidiki, dan memecahkan sendiri masalah yang dipelajari. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) ini diterapkan melalui beberapa langkah: simulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 70,97% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,40% dengan kategori tinggi. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dengan kategori cukup baik sebesar 61,09 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,35 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran penemuan (discovery) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya kelas VA di SDN Karangharjo 02 Silo Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]