dc.description.abstract | Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, termasuk anak usia dini. Pada kenyataanya banyak anak usia dini yang mengalami kelainan baik dari factor genetic maupun factor lainya, atau disebut dengan anak berkebutuhan khusus (ABK). Anak autis merupakan anak yang juga harus mendapatkan pendidikan. Autis adalah suatu gangguan neurobiologis yang sangat kompleks dimana anak cenderung asik dengn duniana sendiri dan tidak perduli dengan lingkungan sosialnya. Di Cahaya Nurani jember memberikan fasilitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) bagi anak Autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terapi one on one dengan anak autis di sentra anak berkebutuhan khusus (ABK) Cahaya nurani jember. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional tata jenjang dengan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data harga Rho sebesar 0,942 dan harga kritik sebesar 0,648,sehingga Rhohitung > Rhotabel. Maka hipotesis alternatif (Ha) hubungan terapi one on one dengan anak autis memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak autis di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember diterima. Ada pun saran Bagi Guru atau Terapis, terapi one on one hendaknya diterapakan secara optimal sesuai dengan kaidah-kaidah yang mendasari serta teknik-teknik dasarnya, karena hal tersebut memiliki pengaruh besar terhadap tinggkat keberhasilan pembelajaran atau tercapainya tujuan dan keberhasilan terapi. | en_US |