• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Ajung 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    ICHWANOVIANA.pdf (285.4Kb)
    Date
    2013
    Author
    Ichwanoviana
    Imam Muchtar, Muchtar
    Misno A Lathif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan sejak Sekolah Dasar (SD), sebab jenjang ini merupakan dasar yang sangat menentukan dalam membentuk sikap, kecerdasan dan kepribadian anak. Melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), siswa diberikan bekal dasar pengembangan kehidupan dengan dibekali sikap, pengetahuan, dan keterampilan dasar melalui proses pembelajaran di sekolah. Kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru dapat menyebabkan kurang aktifnya aktivitas belajar siswa dan berdampak pada kurang baiknya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran diantaranya ceramah, diskusi, dan penugasan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama melalui penerapan metode role playing. Pada siklus I, Skor aktivitas siswa secara klasikal sebesar 64,29 yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 81,20 yang tergolong sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 72,31 yang tergolong naik dan pada siklus II meningkat menjadi 80,16 yang tergolong sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama pada siswa kelas V di SDN Ajung 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63324
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository