dc.contributor.author | TITIK SUGIARTI | |
dc.contributor.author | NURCHOLIF DIAH SRI LESTARI | |
dc.date.accessioned | 2015-09-01T01:03:33Z | |
dc.date.available | 2015-09-01T01:03:33Z | |
dc.date.issued | 2015-08-31 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63267 | |
dc.description | Info lebih lanjut hub:
Lembaga Penelitian Universitas Jember
Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan pemecahan masalah merupakan sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan masalah meliputi kemampuan yang menyeluruh dari segala aspek baik aspek pengetahuan, sikap ataupun ketrampilan. Akan tetapi pemecahan masalah jarang diterapkan di sekolah dasar karena sulitnya mengajarkan dan mengases pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang mampu mengases dan mengajarkan kemampuan pemecahan msalah dan memenuhi syarat valid, praktis dan efektif penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (1997) melalui: (a) fase investigasi awal, (b) fase desain, (c) fase realisasi, (d) fase tes, evaluasi, dan revisi.
Model Pembelajaran yang dikembangkan merupakan model pembelajaran yang menekankan pengajaran kemampuan pemecahan msalah dengan menggunakan pemodelan kinerja pemecahan masalah yang disajikan dalam exemplars problem dan dinilai dengan exemplars rubric. Siswa belajar kemampuan pemecahan masalah dengan belajar bagaimana kemampuan mereka akan dinilai. Melalui model ini diharapkan kemmapuan pemecahan masalah siswa akan meningkat. Pada penelitian pengembangan terdahulu (tahun pertama) telah dikembangkan model pembelajaran yang valid menurut para pakar dan pada tahun kedua model tersebut telah diuji kepraktisan dan keefektifannya melalui ujicoba yang didahului dengan pengembangan perangkat yang menggunakan model ini. Kelas yang digunakan sebagai subjek ujicoba adalah kelas VB, VC, dan VD SDN Kebonsari IV. Model pembelajaran yang telah dikembangkan ini diberi nama model pembelajaran problem solving performance modelling (pemodelan kinerja pemecahan masalah).
Kata Kunci: dikembangkan ini diberi nama model pembelajaran problem, exemplar problem, exemplar rubric, kemampuan pemecahan masalah. | en_US |
dc.publisher | FKIP'14 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | HB;96 | |
dc.subject | dikembangkan ini diberi nama model pembelajaran problem | en_US |
dc.subject | exemplar problem | en_US |
dc.subject | exemplar rubric | en_US |
dc.subject | kemampuan pemecahan masalah | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR | en_US |