• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

    Thumbnail
    View/Open
    Titik Sugiarti_hb_96.pdf (330.1Kb)
    Date
    2015-08-31
    Author
    TITIK SUGIARTI
    NURCHOLIF DIAH SRI LESTARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan pemecahan masalah merupakan sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan masalah meliputi kemampuan yang menyeluruh dari segala aspek baik aspek pengetahuan, sikap ataupun ketrampilan. Akan tetapi pemecahan masalah jarang diterapkan di sekolah dasar karena sulitnya mengajarkan dan mengases pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang mampu mengases dan mengajarkan kemampuan pemecahan msalah dan memenuhi syarat valid, praktis dan efektif penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (1997) melalui: (a) fase investigasi awal, (b) fase desain, (c) fase realisasi, (d) fase tes, evaluasi, dan revisi. Model Pembelajaran yang dikembangkan merupakan model pembelajaran yang menekankan pengajaran kemampuan pemecahan msalah dengan menggunakan pemodelan kinerja pemecahan masalah yang disajikan dalam exemplars problem dan dinilai dengan exemplars rubric. Siswa belajar kemampuan pemecahan masalah dengan belajar bagaimana kemampuan mereka akan dinilai. Melalui model ini diharapkan kemmapuan pemecahan masalah siswa akan meningkat. Pada penelitian pengembangan terdahulu (tahun pertama) telah dikembangkan model pembelajaran yang valid menurut para pakar dan pada tahun kedua model tersebut telah diuji kepraktisan dan keefektifannya melalui ujicoba yang didahului dengan pengembangan perangkat yang menggunakan model ini. Kelas yang digunakan sebagai subjek ujicoba adalah kelas VB, VC, dan VD SDN Kebonsari IV. Model pembelajaran yang telah dikembangkan ini diberi nama model pembelajaran problem solving performance modelling (pemodelan kinerja pemecahan masalah). Kata Kunci: dikembangkan ini diberi nama model pembelajaran problem, exemplar problem, exemplar rubric, kemampuan pemecahan masalah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63267
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository