dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwates 02 Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah guru kurang menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V masih tergolong dalam kategori cukup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 31 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) selama dua siklus. Aktivitas belajar kategori siswa cukup terjadi peningkatan 32,26% dari 32,26% (siklus I) menjadi 0% (siklus II). Aktivitas belajar kategori siswa aktif mengalami peningkatan sebesar 22,57% dari 67,74% (Siklus I) menjadi 45,17% (siklus II). Aktivitas belajar kategori siswa sangat aktif terjadi peningkatan sebesar 54,83% dari 0% (siklus I) menjadi 54,83% (siklus II). Sedangkan hasil belajar siswa dengan kategori kurang terjadi peningkatan sebesar 12,9% dari 12,9% (siklus I) menjadi 0% (siklus II). Pada kategori hasil belajar siswa cukup tidak terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa kategori baik terjadi peningkatan sebesar 16,13% dari 29,03 (siklus I) menjadi 12,9% (siklus II). Hasil belajar siswa kategori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 29,03% dari 41,94% (siklus I) menjadi 70,97% (siklus II). | en_US |