• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Permainan Tebak Kata dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    DEVI MELIANA.pdf (260.2Kb)
    Date
    2014
    Author
    Devi Meliana, Devi
    Rahayu, Rahayu
    Chumi Zahroul F., Chumi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi melalui penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam pembelajaran kurang kreatif dan inovatif, guru masih menggunakan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, pembelajaran juga tidak divariasikan dengan pemberian media. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode permainan tebak kata dengan media gambar selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran pra siklus sebesar 41,11% (cukup aktif), pada siklus I meningkat sebesar 60,89% (cukup aktif), dan pada siklus II meningkat sebesar 71,1% (aktif). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dengan selisih sebesar 19,78% dan  dari siklus I ke siklus II dengan selisih sebesar 20,21%. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus sebesar 59,73 (kurang baik), pada siklus I meningkat sebesar 68,37 (cukup baik), dan pada siklus II meningkat sebesar 75,9 (baik). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dengan selisih sebesar 8,64 dan dari siklus I ke siklus II dengan selisih sebesar 7,53. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63114
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository