Penerapan Metode Permainan Tebak Kata dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo
View/ Open
Date
2014Author
Devi Meliana, Devi
Rahayu, Rahayu
Chumi Zahroul F., Chumi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi melalui penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam pembelajaran kurang kreatif dan inovatif, guru masih menggunakan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, pembelajaran juga tidak divariasikan dengan pemberian media. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode permainan tebak kata dengan media gambar selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran pra siklus sebesar 41,11% (cukup aktif), pada siklus I meningkat sebesar 60,89% (cukup aktif), dan pada siklus II meningkat sebesar 71,1% (aktif). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dengan selisih sebesar 19,78% dan dari siklus I ke siklus II dengan selisih sebesar 20,21%. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus sebesar 59,73 (kurang baik), pada siklus I meningkat sebesar 68,37 (cukup baik), dan pada siklus II meningkat sebesar 75,9 (baik). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dengan selisih sebesar 8,64 dan dari siklus I ke siklus II dengan selisih sebesar 7,53. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo.
Collections
- SRA-Education [1352]