• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas  dan Hasil Belajar Siswa Kelas II dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tema Budi Pekerti di SDN Ampel 04 WuluhanTahun Pelajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    ARIFATUS SHOLEKHAH.pdf (272.0Kb)
    Date
    2014
    Author
    Sholekhah, Arifatus
    Muchtar, Imam
    Sihono, Sihono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 04 Wuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tema budi pekerti. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode, model yang diterapkan oleh guru masih kurang maksimal, aktivitas belajar siswa cenderung pasif karena siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan soal, sehingga aktivitas belajar siswa tergolong kurang aktif dan hasil belajar siswa tergolong cukup baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 29 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode bermain selama dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,41 dengan kategori aktif mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 8,31 menjadi 80,78 dengan kategori sangat aktif. Skor hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,65 dengan kategori baik dan skor hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80,75, sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat sebesar 11,1. berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Ampel 04 Wuluhan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63077
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository