Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tema Budi Pekerti di SDN Ampel 04 WuluhanTahun Pelajaran 2013/2014
View/ Open
Date
2014Author
Sholekhah, Arifatus
Muchtar, Imam
Sihono, Sihono
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 04 Wuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tema budi pekerti. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode, model yang diterapkan oleh guru masih kurang maksimal, aktivitas belajar siswa cenderung pasif karena siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan soal, sehingga aktivitas belajar siswa tergolong kurang aktif dan hasil belajar siswa tergolong cukup baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 29 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode bermain selama dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,41 dengan kategori aktif mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 8,31 menjadi 80,78 dengan kategori sangat aktif. Skor hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,65 dengan kategori baik dan skor hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80,75, sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat sebesar 11,1. berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Ampel 04 Wuluhan.
Collections
- SRA-Education [1352]