dc.description.abstract | Pada umumnya perusahan baik dagang maupun jasa memerlukan suatu
perencanaan pengorganisasian serta pengajaran pengendalian yang tepat dalam
usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, guna bisa
berkembang dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya perusahan mencapai
usahanya tergantung pada keahlian perusahaan di bidang pemasaran, keuangan,
produksi dan bidang-bidang lainnya termasuk kemampuan perusahaan
mengkombinasikan bidang-bidang tersebut. Salah satu kegiatan pokok perusahaan
yang penting di dalam suatu perusahaan adalah pemasaran. Pemasaran merupakan
sistem dari kegiatan yang berhubungan untuk tujuan merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa demi kepuasan
konsumen.
Dalam aktivitas Unit Usaha HAZORA sehari-hari Penjualan
memegang peranan penting dalam pemasaran disamping fungsi-fungsi lainnya.
Apabila suatu unit usaha penjualannya lemah atau tidak dapat mencapai target
penjualan yang sudah ditentukan, maka unit usaha tersebut tidak dapat
mempertahankan usahanya, oleh karena itu kegiatan penjualan harus berlangsung
terus menerus dalam jangka atau waktu sepanjang mungkin, sehingga kontinuitas
dan stabilitas kelangsungan hidup perusahaan dapat terus berlanjut.
Peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan penjualan merupakan suatu
kegiatan yang sangat penting. Dengan demikian sangat diperlukan adanya
pencatatan terhadap peristiwa penjualan tersebut sehingga perkembangan
keadaannya dapat diketahui secara jelas, baik mengenai sumber-sumbernya
maupun penggunaan setiap penjualan atau yang lebih dikenal dengan administrasi
penjualan. Dari pengertian tersebut jelas bahwa administrasi penjualan termasuk
salah satu proses penyelenggaraan dalam perusahaan yang mengolah segi
penjualan perusahaan, sedangkan kegiatan pengolahan tersebut diantaranya adalah | en_US |