Show simple item record

dc.contributor.authorLulus Novita Sari
dc.date.accessioned2013-12-08T08:43:52Z
dc.date.available2013-12-08T08:43:52Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM081810101030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6288
dc.description.abstractManual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) adalah suatu metode yang dirancang untuk memudahkan dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan kapasitas jalan Indonesia, termasuk untuk masalah persimpangan bersinyal. Logika fuzzy merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran (fuzzyness) antara benar atau salah. Dalam teori logika fuzzy suatu nilai biasa bernilai benar atau salah secara bersama. Namun berapa besar keberadaan dan kesalahan suatu tergantung pada bobot keanggotaan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan logika fuzzy dan MKJI untuk mengetahui jumlah tundaan yang terjadi sebagai acuan kelayakan suatu persimpangan (study kasus traffic light di perempatan Mangli kota Jember). Penelitian dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, pengumpulan data lapang traffic light di perempatan Mangli Jember. Kedua, pengolahan data menggunakan teori logika fuzzy dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Ketiga, membandingkan besarnya tundaan yang dihasilkan logika fuzzy dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil perbandingan dapat diketahui bahwa kinerja yang dihasilkan dengan menggunakan teori logika fuzzy lebih kecil tundaannya dibandingkan dengan tundaan yang dihasilkan metode MKJIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries081810101030;
dc.subjectPENERAPAN LOGIKA FUZZY MAMDANen_US
dc.titlePENERAPAN LOGIKA FUZZY MAMDANI DAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA PADA PENGATURAN LAMPU LALU LINTASen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record