dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan (berwujud,
keandalan, ketanggapan, jaminan, empati) terhadap kepuasan anggota KP-RI Universitas Jember unit kerja FKIP
tahun 2013. 2) untuk mengetahui diantara berwujud, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati yang
mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan anggota KP-RI Universitas Jember unit kerja FKIP tahun 2013.
Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Penentuan responden dalam penelitian
ini menggunakan metode random sampling, yaitu sebanyak 63 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari metode: angket, wawancara, observasi , dan dokumen. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
inferensial (analisis regresi linear berganda, analisis varian garis regresi, uji F , koefisien determinasi, uji t dan
koefisien determinasi parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas pelayanan mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan anggota KP-RI Universitas Jember unit kerja FKIP tahun 2013 , yaitu sebesar
83,7%. 2) jaminan mempunyai pengaruh dominan sebesar 22,52% | en_US |