Penerapan Metode Karyawisata berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi (Implementing Field Trip Method With video Media Aid for Increase Narrative Writing Skill)
View/ Open
Date
2012Author
Sofiun Naqiyah, Maya
Suhartiningsih
Wuryaningrum., Rusdhianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Menulis adalah kegiatan yang kompleks untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis, lebih
khusus dalam permbelajaran menulis narasi di sekolah. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa pembelajaran menulis
narasi di kelas VIIA Mts Tarbiyatul Huda masih belum tuntas. Banyak siswa yang kesulitan ketika harus mengungkapkan
pikiran dalam bentuk tulisan, menulis cerita secara kronologis, dan menyatukan dan memadukan paragraf. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode karyawisata berbantuan media video untuk mengatasi
permasalahan siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal pada prasiklus 32,3%, siklus I 73,5%, dan
siklus II 85,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata berbantuan media video mampu
meningkatkan kemampuan menulis narasi
Collections
- SRA-Education [1352]