• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS STRUKTUR HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP NEGERI 7 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    AGUNG WIJAYA ARIFANDI - 100210101092_1.pdf (369.6Kb)
    Date
    2015-06-25
    Author
    AGUNG WIJAYA ARIFANDI NIM. 100210101092
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu penentu maju mundurnya suatu bangsa. Meningkatnya mutu pendidikan, juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai subjek pembangunan. Saat ini, mutu pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, khususnya dalam bidang matematika. Belajar matematika tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep-konsep dalam matematika, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, hal ini dikarenakan di dalam kurikulum matematika tercantum kegiatankegiatan yang meliputi aspek-aspek kemampuan matematika yang penting seperti penerapan aturan matematika pada penyelesaian masalah tidak rutin, penemuan pola, penggeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain yang dapat dikembangkan secara lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data tentang struktur hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal Aritmetika Sosial berdasarkan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO (Structure Of The Observed Learning Outcome) atau struktur hasil belajar yang dapat diamati merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menyusun dan menentukan tingkat kesulitan atau kompleksitas suatu soal atau pertanyaan. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk soal cerita sebanyak tiga soal yang dipilih dari delapan soal telah divalidasi oleh dua dosen Pendidikan Matematika dan satu guru matapelajaran matematika. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis viii penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Setiap kelas akan diambil secara acak sebanyak 5 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah melakukan tes. Analisis data yang digunakan adalah adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang didasarkan pada Taksonomi SOLO. Berdasarkan dari data hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut cukup valid dengan representasi Va berada pada 2 ≤ Va <2,5. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,771898 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel, sehingga soal tes pemecahan masalah dapat digunakan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pokok bahasan Aritmetika Sosial berdasarkan taksonomi SOLO dari ketiga soal sebanyak 27,5% berada pada level Prestruktural, 4,2% berada pada level Unistruktural, 8,3% berada pada level Multistruktural, 30,8% berada pada level Relasional dan 29,2% berada pada level Abstrak Diperluas. Masih terdapat 31,7% siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember belum mencapai tingkat Multistruktural. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah masih rendah. Diharapkan guru lebih sering memberikan soal pemecahan masalah kepada siswanya, tentunya dengan lebih kreatif dan disesuaikan menurut kemampuan siswa, agar dapat menumbuh kembangkan kemampuan bernalar yaitu berpikir sistematis, logis dan kritis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62726
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository