Show simple item record

dc.contributor.authorHenry Ayu Kartikasari
dc.date.accessioned2015-06-24T03:56:39Z
dc.date.available2015-06-24T03:56:39Z
dc.date.issued2015-06-24
dc.identifier.nimNIM100210102035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62723
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya pada tingkat sekolah menengah atas Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis scientific approach yang valid serta mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa dan respon siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil penelitian berupa bahan ajar berbasis scientific approach diharapkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Bahan ajar berbasis scientific approach diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Pengimplementasian bahan ajar berbasis scientific approach dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari 5 kegiatan utama yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Lima kegiatan utama ini akan mendorong siswa untuk mencari tahu dan membuktikan sendiri apa yang mereka pelajari melalui bahan ajar. vii Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Jember yang berjumlah 36 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi bahan ajar, serta hasil post test dan respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis scientific approach. Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validas i ahli dan uji coba lapangan. Diperoleh hasil dari validasi ahli dengan nilai 3,92 untuk bahan ajar berbasis scientific approach . Bahan ajar berbasis scientific approach ini juga perlu diperbaiki pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafisa n. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan, pemahaman translasi siswa mencapai persentase 84,72%, pemahaman interpretasi 79,5%, dan pemahaman ekstrapolasi siswa 66,67% dengan pemahaman classical sebesar 77%. Repon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis scientific approach rata-rata 77% siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran. Respon siswa juga diukur persentasenya untuk tiap aspek. Korelasi antara semua aspek adalah tingkat kevalidan sebuah bahan ajar berpengaruh terhadap respon siswa terhadap bahan ajar dan berdampak terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102035;
dc.subjectPengembangan Bahan Ajar Berbasis Scientific Approach pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan di SMAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record