Show simple item record

dc.contributor.authorDeni Juwita Ningrum
dc.date.accessioned2015-06-24T02:14:54Z
dc.date.available2015-06-24T02:14:54Z
dc.date.issued2015-06-24
dc.identifier.nimNIM070210192110
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62716
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar (Depdiknas, 2002:7). Tujuan pembelajaran fisika di SMA secara umum adalah memberikan bekal pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreativitas dan sikap ilmiah. Salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk mencapai hasil belajar siswa secara optimal yaitu dengan memilih dan menggunakan model pembelajaran serta metode yang tepat dan sesuai sehingga dapat tercipta suasana kegiatan belajar mengajar yang baik. Dalam proses belajar mengajar khususnya pelajaran fisika, menggunakan model pembelajaran yang sama secara terus menerus dapat menimbulkan kejenuhan dalam diri siswa. Hal ini yang mengakibatkan siswa cenderung malas, bosan, dan kurang termotivasi untuk belajar fisika yang selanjutnya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, dan grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching disertai metode praktikum dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa digunakan guru. Daerah penelitian ini adalah SMA Plus Darul Hikmah yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X A1dan X A2 yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan kemampuan viii multirepresentasi dianalisis dengan menggunakan Independent Samples T-Test pada SPSS 16. Berdasarkan hasil observasi analisa persentase rata-rata post test selama pembelajaran fisika menggunakan model Quantum Teaching disertai metode praktikum menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan multirepresentasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebagai berikut 63,64 dan 54,93. Pada langkah Demonstrasikan, setelah guru mendemonstrasikan, siswa diminta untuk melakukan praktikum sesuai dengan langkah-langkah yang ada di LKS. Melalui praktikum ini, siswa dapat mendefinisikan pengertian dari Gaya Newton I dan Gaya Newton II. Dan menyelesaikan persoalan secara verbal dan matematis. Hal ini dapat dilihat dengan pencapaian skor kemampuan representasi verbal mencapai skor 18,28 dan kemampuan matematik dengan skor 15,52. Pada langkah demonstrasi siswa dapat melihat gambar langkah-langkah proses praktikum seperti yang tertera pada LKS, melalui langkah ini siswa dapat menggambarkan konsep fisika yang diteliti. Skor representasi gambar yang dicapai siswa adalah 15,12. Selain representasi gambar, siswa juga mampu menghasilkan data hasil praktikum yang nantinya ditampilkan dalam bentuk grafik. Dengan skor kemampuan representasi grafik yang dicapai siswa sebesar 14,72. Dengan diimbangi adanya langkah Ulangi pada model Quantum Teaching, akan memberikan pemantapan pada siswa terhadap materi yang telah diberikan. Secara keseluruhan model Quantum Teaching disertai metode praktikum telah mampu mengundang partisipasi aktif siswa terutama dalam upaya memperoleh pengalaman baru melalui keterlibatan siswa dalam kegiatan praktikum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model Quantum Teaching disertai metode praktikum terhadap kemampuan multirepresentasi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries. 070210192110;
dc.subjectPENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA PLUS DARUL HIKMAHen_US
dc.titlePENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA PLUS DARUL HIKMAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record