Show simple item record

dc.contributor.authorArif Harimukti Hidayatulah 100210102037
dc.date.accessioned2015-06-24T01:58:55Z
dc.date.available2015-06-24T01:58:55Z
dc.date.issued2015-06-24
dc.identifier.nimNIM100210102037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62712
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu cabang dari IPA dan merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkang-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep (Trianto,2010:136-138). Sesuai dengan karakteristik fisika sebagai bagian dari natural science, pembelajaran fisika harus merefleksikan kompetensi sikap ilmiah, berfikir ilmiah, dan keterampilan kerja ilmiah. Masalah yang melanda dunia pendidikan fisika sebagian besar masih berkutat pada upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa SMA dalam materi fisika masih relatif rendah, karena pengemasan pendidikan sering tidak berjalan dengan hakikat belajar dan mengajar fisika ( Degeng dalam Santyasa, 2004). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle yang valid serta mengetahui hasil belajar fisika siswa dan tingkat aktivitas siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil penelitian berupa bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle diharapkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Jember yang berjumlah 36 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi bahan ajar, serta hasil pre teset dan post test serta lembar observasi aktivitas siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle. Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Diperoleh hasil dari validasi ahli dengan nilai 3,66 untuk bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle. Hasil belajar siswa memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 42% dengan angka ini dapat dikatakan peningkatan hasil belajar siswa sudah cukup baik. Secara keseluruhan, pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e- learning moodle dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase perolehan nilai baik adalah 61%. Pada aspek efektivitas pemanfaatan waktu dan artisipasi setiap anggota kelompok yang cukup tinggi sebesar 86% siswa memperoleh nilai baik. Pada aspek lancar dalam presentasi dan lancar saat menjawab pertanyaan antar kelompok mendapat hanya sebesar 39% dan 19% siswa yang mendapat skor baik dikarenakan masih banyak siswa yang masih belum lancar dalam melakukan presentasi hasil diskusi dan masih banyak siswa yang masih malu-malu dalam menjawab pertanyaan antar kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e- learning moodle dikategorikan cukup valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) Hasil belajar siswa sudah dikatakan baik dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 42%; 3) Secara keseluruhan siswa yang memiliki aktivitas baik adalah sebesar 61%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102037;
dc.subjectPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB INTERAKTIF DENGAN APLIKASI E-LEARNING MOODLE PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN DI SMAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB INTERAKTIF DENGAN APLIKASI E-LEARNING MOODLE PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record