dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh kualitas pelayanan (jaminan, keandalan, bukti fisik, empati,
dan daya tanggap) terhadap loyalitas anggota PRIMKOP DHARMA PUTRA Jember. Jadi, rumusan masalah yang dapat
ditarik dari penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan (jaminan, keandalan, bukti fisik, empati, dan daya tanggap)
berpengaruh terhadap loyalitas anggota PRIMKOP DHARMA PUTRA Jember. Metode penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode random
sampling, yaitu sebanyak 87 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, dokumentasi,
wawancara, dan observasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi.Analisis
data yang digunakan adalah analisis diskriptif dan inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi
sederhana, analisis varian garis regresi, uji F dan uji efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas
pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas anggota PRIMKOP DHARMA PUTRA Jember, yaitu
sebesar 86,9%. | en_US |