Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap Hasil Belajar Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi , Komunikasi, dan Transportasi (IPS) Siswa Kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember
View/ Open
Date
2Author
Pregiwati Marina Sari, Pregiwati
Rahayu, Rahayu,
Nanik Yuliati, Nanik
Metadata
Show full item recordAbstract
Keberadaan Ilmu Pengetahuan Sosial pendidikan dasar sebagai sarana dalam mengembangkan pemahaman tentang
bagaimana individu dan kelompok hidup bersama dengan lingkunganya. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran IPS
dan kompetensinya, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam
proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun interaksi siswa dengan guru. Dari hal tersebut
digunakan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap
hasil belajar siswa di SDN Kertosari 2 yang didasarkan pada hasil tes (pre-test dan post-test) . Setelah dilakukan uji
homogenitas dan hasilnya kemampuan antar kedua kelas sama dilakukan perhitungan uji t, Hasil perhitungan menunjukkan
nilai t hitung = 4,25 dan t tabel= 2 sehingga t hitung > t tabel yaitu 4,83>2, dengan demikian hipotesis nihil (H
o
) yang
berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sain dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar IPS siswa
ditolak dan hipotesis kerja (H
a
) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan
terhadap hasil belajar IPS siswa diterima.
Collections
- SRA-Education [1352]