• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Pkk Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi Melalui Penerapan Pembelajaran Metode Cooperative Script dengan Menggunakan Media Gambar di Sdn Petung 2 Bondowoso Tahun Pembelajarn 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Novi Indah Pratiwi.pdf (261.3Kb)
    Date
    2013
    Author
    Novi Indah Pratiwi, Novi
    Imam Muchtar, Imam
    Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang diadakan penelitian di sekolah SDN Petung 2 Bondowoso pada pembelajaran PKn dikarenakan aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula . Penelitian ini dilakukan di SDN Petung 2 Bondowoso. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pembelajaran metode Cooperative Script dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk mengatasi masalah belajar di kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso. Penerapan pembelajaran metode dan media tersebut digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso. Berdasarkan hasil observasi yang merupakan intrumen penilaian aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa yang merupakan intrumen penilaian hasil belajar, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah meningkat pada setiap siklusnya. Dari analisis hasil observasi pada siklus 1 diperoleh data siswa yang aktif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan sebesar 69,27%, sedangkan pada siklus II diperoleh data siswa yang aktif sebesar 89,56%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh data ketuntasan secara klasikal sebesar 56,52%, sedangkan pada siklus II diperoleh data sebesar 82,61%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode Cooperative Script dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62687
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository