Show simple item record

dc.contributor.authorEka Sartika wulandari, Eka
dc.contributor.authorDr. Indrawati, Indrawati M. Pd
dc.contributor.authorDrs. Nuriman, Nuriman Ph. D
dc.date.accessioned2015-05-07T04:10:49Z
dc.date.available2015-05-07T04:10:49Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62461
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Jatisari. Dari hasil perolehan nilai prasiklus hanya mencapai 64,71%, masih perlu diadakan perbaikan–perbaikan sehingga kriteria hasil belajar dapat tercapai. Berdasarkan hasil ulangan harian siswa siklus I yang mencapai KKM secara klasikal mencapai 70,59 % sedangkan siswa belum mencapai kriteria hasil belajar 29,41%. Hasil analisis siklus II yang tuntas secara klasikal mencapai 88,24% dan yang belum mencapai kriteria hasil belajar sebanyak 11,76%. Peningkatan ini juga terjadi pada aktivitas siswa saat mengikuti pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pada hasil observasi aktivitas belajar siswa prasiklus persentase aktivitas siswa sebesar 81,37% dengan kriteria keaktifan yang cukup. Sedangkan hasil observasi yang dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I keatifan siswa mencapai 86,27% dengan kriteria keaktifan baik, dan setelah di laksanakan observasi siklus II aktifitas belajar siswa nampak terjadi peningkatan yang sangat baik dengan persentase keaktifan siswa mencapai 93,63 %. Dari semua hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Jatisari Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun 2012/2013en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe STADen_US
dc.subjectAktivitasen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas V SDN 2 Jatisarien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record