• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas V SDN 2 Jatisari

    Thumbnail
    View/Open
    Eka sartika.pdf (259.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    WULANDARI, Eka Sartika
    Dr. INDRAWATI M. Pd
    Drs. NURIMAN Ph. D
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Jatisari. Dari hasil perolehan nilai prasiklus hanya mencapai 64,71%, masih perlu diadakan perbaikan–perbaikan sehingga kriteria hasil belajar dapat tercapai. Berdasarkan hasil ulangan harian siswa siklus I yang mencapai KKM secara klasikal mencapai 70,59 % sedangkan siswa belum mencapai kriteria hasil belajar 29,41%. Hasil analisis siklus II yang tuntas secara klasikal mencapai 88,24% dan yang belum mencapai kriteria hasil belajar sebanyak 11,76%. Peningkatan ini juga terjadi pada aktivitas siswa saat mengikuti pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pada hasil observasi aktivitas belajar siswa prasiklus persentase aktivitas siswa sebesar 81,37% dengan kriteria keaktifan yang cukup. Sedangkan hasil observasi yang dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I keatifan siswa mencapai 86,27% dengan kriteria keaktifan baik, dan setelah di laksanakan observasi siklus II aktifitas belajar siswa nampak terjadi peningkatan yang sangat baik dengan persentase keaktifan siswa mencapai 93,63 %. Dari semua hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Jatisari Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun 2012/2013
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62461
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository