Show simple item record

dc.contributor.authorFutiharrohmah
dc.date.accessioned2015-04-17T11:32:52Z
dc.date.available2015-04-17T11:32:52Z
dc.date.issued2015-04-17
dc.identifier.nimNIM100210102012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62298
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari gejala-gejala yang terjadi di alam semesta. Secara umum ciri-ciri gejala fisika yaitu gejala alam yang dapat diamati atau dirasa melalui indera manusia. Sehingga untuk menguasai fisika tidak cukup dengan sekedar mendengarkan penjelasan/ceramah, membaca buku atau mengerjakan soal. Tetapi pembelajaran fisika hendaknya berlandaskan konstrukstivisme dan berpusat pada siswa. Secara umum pembelajaran IPA fisika di SMP di kabupaten Jember dilaksanakan dengan menggunakan model kooperatif yaitu dengan menekankan pada kerjasama dalam kelompok dan pemberian tugas-tugas. Siswa masih belum ditekankan untuk dapat menemukan sendiri dan membangun sendiri pengetahuannya melalui percobaanpercobaan. Selain itu, masalah gaya belajar siswa yang berbeda-beda masih belum terlalu diperhatikan oleh guru. Oleh karena itu, perlu diterapkan pendekatan dan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengamati dan membuktikan teori atau asumsi melalui percobaan fisika serta dapat mengatasi perbedaan-perbadaan gaya belajar yang dimiliki siswa yaitu salah satunya dengan menerapkan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing selama pembelajaran IPA Fisika di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji perbedaan aktivitas belajar IPA fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional di SMP, (2) mengkaji perbedaan hasil belajar IPA vii fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan Independent Sample T-test dengan bantuan software SPSS 16. Hasil analisis aktivitas belajar siswa menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data menggunakan uji-t yaitu diperoleh nilai Sig. (1tailed) sebesar 0,000 atau nilai Sig. ≤ 0,05. Begitu juga dengan hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 6,747 dikonsultasikan dengan t dengan db = 68 pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel sebesar 1,995 atau t viii tabel hitung (6,747) > t (1,995), sehingga hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Analisis hasil belajar juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Namun hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,270 atau nilai Sig. > 0,05 dan hasil perhitungan manual diperoleh t hitung (1,816) < t a (1,995). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H 0 tabel ) diterima dan hipotesis alternatif (H ) ditolak. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar IPA fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional di SMP, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional di SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102012;
dc.subjectPENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record