Show simple item record

dc.contributor.authorFriska Oktaviana Wahyu Cahyaningtyas
dc.date.accessioned2015-04-17T08:41:12Z
dc.date.available2015-04-17T08:41:12Z
dc.date.issued2015-04-17
dc.identifier.nimNIM080210103016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62288
dc.description.abstractBerdasarkan OECD PISA, (2012) secara global hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2012 menunjukkan bahwa dalam bidang sains, kemampuan siswa Indonesia berada pada peringkat dua dari bawah yang menempatkan Indonesia di posisi 64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam proyek tersebut. Hal ini merupakan penurunan dari hasil PISA tahun 2012 dimana saat itu Indonesia menduduki peringkat 57. Rendahnya kemampuan siswa ini dapat disebabkan beberapa hal yaitu aktivitas belajar siswa dan interaksi antar siswa dalam kelas masih kurang maksimum. Permasalahan ini membutuhkan alternatif strategi pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk aktif sehingga pembelajaran menjadi efektif dan siswa dapat berkembang, dinamis, dan kreatif. Guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, pembimbing, evaluator dan motivator harus inovatif serta menggunakan model pembelajaran yang mampu membimbing siswa mengembangkan potensi dan kreatifitas yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA-biologi menggunakan Metode Praktikum dan Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA- BIOLOGI (Kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015). Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2014 dan dilaksanakan dalam dua siklus. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah materi pada bab struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan bab fotosintesis. viii Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA-biologi pada siswa kelas VIII A. Pada peningkatan aktivitas siswa diukur pada aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan, bekerjasama, diskusi dan menyampaikan pendapat dengan hasil aktivitas siswa pada pra siklus ke pasca siklus II mengalami peningkatan, untuk aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan dengan nilai rata-rata capaian sebesar 48,25 pada hasil pra siklus menjadi 85 rata-rata pada pasca siklus II dengan peningkatan sebesar 36,75; pada aktivitas bekerjasama dengan nilai rata-rata nilai pra siklus sebesar 48,25 menjadi 87 pada pasca siklus II dengan peningkatan hasil sebesar 38,75; sedangkan aktivitas diskusi nilai rata-rata pra siklus I sebesar 37,5 menjadi 90,75 pada hasil pasca siklus II dengan peningkatan sebesar 53,25; dan untuk hasil aktivitas menyampaikan pendapat pada pra siklus dengan ratarata 53 menjadi 81 pada rata-rata hasil pasca siklus II meningkat sebesar 28. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari hasil belajar kognitif siswa, peningkatan pada pra siklus dengan rerata kelas 62,5 menjadi 73 dengan peningkatan nilai sebesar 10,5 sedangkan dari siklus I dengan rerata 73 menjadi 81,15 pada siklus II dengan peningkatan nilai sebesar 8,15. Untuk pencapaian peningkatan hasil belajar klasikal siswa dari pra siklus ke siklus I ketuntasan meningkat sebesar 42,42% (14 siswa) kemudian dari siklus I ke siklus II peningkatan ketuntasan meningkat sebesar 12,12% (4 siswa). Merujuk dari hasil yang didapat, maka pembelajaran pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal serta dapat dihentikan karena telah sesuai dengan tujuan pelaksanaan dari kegiatan penelitian ini. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan pada penelitian ini yaitu penerapan metode praktikum dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada pelajaran IPA biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Jelbuk Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103016;
dc.subjectenerapan Metode Praktikum dan Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi (Kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015)en_US
dc.titlePENERAPAN METODE PRAKTIKUM DAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI (Kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 )en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record