Show simple item record

dc.contributor.authorSri Umi Rahayu
dc.date.accessioned2015-04-09T11:29:12Z
dc.date.available2015-04-09T11:29:12Z
dc.date.issued2015-04-09
dc.identifier.nimNIM100210204074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62252
dc.description.abstractPembelajaran IPS seharusnya menjadi pembelajaran yang menyenangkan untuk dipelajari siswa karena konsep yang disajikan adalah tentang kehidupan sehari-hari, akan tetapi berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kepatihan 01 diketahui guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak menggunakan metode pembelajaran yang inovatif sehingga membuat suasana belajar menjadi pasif. Ciri pembelajaran yang berhasil salah satunya dapat dilihat dari proses kegiatan siswa dalam belajar, semakin tinggi kegiatan belajar siswa, semakin tinggi peluang berhasilnya pembelajaran. Adapun alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Kepatihan 01 yaitu dengan penggunaan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran IPS dapat memotivasi siswa untuk memecahkan masalah dengan bantuan kelompok. Aktivitas belajar siswa diharapkan dapat meningkat karena siswa ikut terlibat langsung dalam mensosiodramakan materi dan memahami konsep yang dipelajari sehingga membuat siswa senang dalam belajar. Pembelajaran dengan metode sosiodrama siswa dapat bermain sambil belajar sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa sehingga memberikan pengalaman menyenangkan dan sulit untuk dilupakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di SDN Kepatihan 01 Jember semester II tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menggunakan metode sosiodrama pada pelajaran IPS materi masalah sosial di SDN Kepatihan 01 Jember semester II tahun pelajaran 2013/2014. viii Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 01 Jember dengan Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Kepatihan 01 Jember semester II tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah 41 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 27 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam pelaksanaan siklus menujukkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum dilaksanakannya tindakan presentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus adalah 55,73% dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 76,72% dengan kategori aktif dan 88,10% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 20,99% sedangkan peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11,38%. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus adalah 51,21% dengan kategori kurang baik mengalami peningkatan dengan presentase 78,04% dengan kategori baik menjadi 87,80% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,83 % sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,76%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitias dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di SDN Kepatihan 01 Jember. Penggunaan metode sosiodrama dapat membantu guru dalam membangkitkan semangat belajar siswa, agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas. Penggunaan metode sosiodrama diharapkan tidak hanya digunakan dalam pembelajaran IPS saja, tetapi pada pelajaran lain dengan materi yang disesuaikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204074;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL DI SDN KEPATIHAN 01 JEMBERen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL DI SDN KEPATIHAN 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record