Show simple item record

dc.contributor.authorIzmy Ayu Safitri
dc.date.accessioned2015-04-09T11:23:55Z
dc.date.available2015-04-09T11:23:55Z
dc.date.issued2015-04-09
dc.identifier.nimNIM110210204069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62250
dc.description.abstractPada setiap proses pembelajaran menuntut siswa lebih banyak melaksanakan kegiatan belajar, namun guru juga dituntut untuk kreatif dalam mengaktualisasikan kompetensinya terutama untuk mengidentifikasi, menyeleksi dan menentukan hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Media video merupakan media yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar yang merupakan gambar bergerak. Media video diharapkan dapat menjadi media yang sangat membantu dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji adanya pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowono 01 dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sukowono 01. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga hitung =1,093, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan =1 dan =65 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan =65 adalah hitung 1,998. Hasil tersebut membuktikan bahwa viii hitung < l yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan metode utama dalam penelitian ini. Skor tes kognitif siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Pengujian hipotesis jika t hitung <t maka H0 diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh t hitung tabel =7,8, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db=65 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh =1,998. Diperoleh t hitung > l Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku di SD Negeri Sukowono 01 tahun ajaran 2014/2015. Video ini diharapkan dapat dijadikan alternatif media dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pekerjaan orang tuaku dan untuk memberikan pengalaman konkret bagi hal yang sulit diamati secara langsung. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan video dengan menambahkan variabel penelitian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110210204069;
dc.subjectPengaruh Penggunaan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Di SD Negeri Sukowono 01 Tahun Ajaran 2014/2015en_US
dc.titleENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU DI SD NEGERI SUKOWONO 01 TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record