dc.description.abstract | Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Bahasa
Indonesia di sekolah mempunyai peranan penting baik di lingkungan sekolah maupun
luar sekolah. Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki 4 keterampilan dasar dalam
pembelajarannya, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara,
keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Salah satu keterampilan yang
harus dikuasai dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu keterampilan menulis.
Pembelajaran pada aspek menulis di antaranya bermanfaat untuk melatih
keterampilan siswa dalam menuangkan ide gagasan, atau pokok pikiran kepada orang
lain yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung.
Rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada
aspek menulis kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember disebabkan oleh guru lebih
sering menjelaskan dengan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran
sehingga membuat siswa bosan dan malas untuk menulis. Dari hal tersebut, hasil
belajar siswa menjadi rendah. Untuk itu pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek
menulis di kelas III perlu adanya media demi membantu tercapainya tujuan
pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memilih media puzzle untuk
diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan harapan agar siswa aktif dan
tertarik pada pembelajaran menulis paragraf, serta suasana pembelajaran menjadi
menyenangkan. Media puzzle merupakan salah satu alternatif media untuk melatih
keterampilan menulis, karena media puzzle adalah media yang bersifat sederhana,
mudah dibuat dan digunakan serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar
sehingga hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimanakah penerapan dan peningkatan media puzzle dapat meningkatkan
keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember.
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan media puzzle dan meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa
kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain
penelitian menggunakan skema model Hopkins meliputi perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa
32 anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi Pengambilan data dalam
penelitian ini, dilaksanakan di kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember, dimulai pada
tanggal 29 November 2014 sampai tanggal 06 Desember 2014.
Hasil dari analisis perkembangan menulis paragraf setelah diterapkan
pembelajaran dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III SDN Grenden
02 Puger Jember yaitu rata-rata pada prasiklus sebesar 46,7% dan pada siklus I
meningkat sebesar 18,8% sehingga menjadi 65,7%. Pada siklus II terjadi peningkatan
18,7% dari siklus I, sehingga menjadi 84,3%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggynaan media puzzle dapat
meningkatkan hasil belajar menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger
Jember dari siklus I ke siklus II, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari
penelitian ini adalah media puzzle dapat dijadikan sebagai media alternatif pembelajaran
di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di sekolah,
serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian
yang sejenis. | en_US |