dc.contributor.author | kurniati, dian | |
dc.date.accessioned | 2015-04-02T01:48:38Z | |
dc.date.available | 2015-04-02T01:48:38Z | |
dc.date.issued | 2011-10-29 | |
dc.identifier.isbn | 978-602-99075-1-3 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62135 | |
dc.description.abstract | Tujuan perkuliahan Advance Real Analysis adalah membentuk karakter mahasiswa sehingga mampu berfikir logis, konsisten, dan tanggung jawab terhadap materi yang telah mereka pelajari. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang belum memiliki karakter positif tersebut. Mereka hanya berfokus pada proses pembuktian yang ada pada buku. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan langkah-langkah lesson study dalam kegiatan perkuliahan Advance Real Analysis. Tujuan adalah untuk membentuk tiga karakter positif tersebut dalam diri mahasiswa.
Subyek dalam penelitian ini adalah 16 mahasiswa yang menempuh Advance Real Analysis semester Genap 2010/2011 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Sedangkan penerapan lesson study pada perkuliahan ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklusnya dilakukan pada dua pertemuan. Pelaksanaan Lesson Study untuk mata kuliah ini melibatkan seorang dosen sebagai dosen model, dua orang dosen sebagai observer, dan satu karyawan sebagai pengambil gambar selama KBM. Observer tersebut mengamati tiga karakter yang muncul ketika proses penyelesaian soal atau pembuktian teorema pada Lembar Kerja Mahasiswa. Observer pertama mengamati karakter mahasiswa di kelompok 1 dan 2, sedangkan observer yang kedua di kelompok 3 dan 4.
Pada siklus pertama, tujuan yang ingin dicapai setelah mahasiswa belajar Limit Theorem masih jauh dari harapan. Akan tetapi pada siklus kedua, tujuan yang kan dicapai sudah terwujud yaitu semua mahasiswa memiliki kemampuan berfikir logis, konsisten dan tanggung jawab terhadap ilmunya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang digunakan dalam kegiatan lesson study ini dapat diterapkan untuk membentuk karakter positif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember yang menempuh mata kuliah Advance Real Analysis. | en_US |
dc.publisher | FMIPA Universitas Negeri Semarang | en_US |
dc.subject | Lesson Study, siklus, berfikir logis, konsisten dan tanggung jawab | en_US |
dc.title | PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH ADVANCE REAL ANALYSIS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.type | Article | en_US |